Rabu, 18 Desember 2013

Pertanyaan : Berapa lama saya bisa menguasai kungfu wingchun ?

By Ong Wen Ming

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh calon murid dan murid pemula. Sebetulnya saya malas jawabnya tapi terpaksa saya jawab apa adanya. Yaitu: tidak tahu dibutuhkan waktu berapa lama......hal ini tergantung masing masing murid. Tergantung bakat, kecerdasan dan berapa banyak usaha dan niat yang mereka berikan di latihan kungfu.

Banyak murid yang berbakat dan cerdas juga mengalami stagnasi di kemajuan ilmunya karena berhenti atau jarang latihan dengan berbagai macam alasan yang mereka buat. Sungguh sangat disayangkan karena semua yang telah mereka lakukan seperti : waktu, tenaga, pikiran dan materi di awal masa latihan menjadi mubazir. Sia sia dan NOL besar di akhir.

Kungfu membutuhkan dedikasi seumur hidup. Lebih baik tidak mempunyai target waktu dalam mempelajari kungfu karena tidak ada batasan dan tidak mungkin bisa di kuasai sempurna biarpun kita bisa hidup 2 x lipat masa hidup kita di dunia ini.

Yang hanya bisa kita lakukan hanyalah berlatih dan belajar segiat mungkin dengan bimbingan guru yang baik dan berpengalaman supaya bisa mendapatkan kemajuan yang cepat dan ke arah yang benar.

Jadi percuma saja bertanya kapan saya bisa menguasai wingchun tapi mulai latihan saja belum atau malas berlatih.

Waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kungfu wingchun bisa sangat lama meskipun kungfu ini terlihat mudah dan sederhana. Jadi mengapa harus sering menunda latihan dan bermalas malasan. Setiap murid dituntut untuk bisa secara terus menerus memotivasi diri sendiri dalam berlatih. Bosan dan jenuh adalah musuh yang sebenarnya dari diri sendiri. Tugasnya adalah untuk menghalang halangi seorang murid untuk berhenti berlatih.

Setiap murid harus terus merenung dan meneliti diri sendiri. Apa penyebab menunda dan berhenti berlatih. Jangan menyalahkan orang lain, situasi dan kondisi. Jangan melihat dan menunggu teman. Bila ada teman yang berhalangan hadir maka ikut tidak hadir dan menggunakan alasan tsb sebagai pembenaran untuk tidak latihan.

Kungfu tidak bisa diwariskan seperti warisan tanah atau emas. Kungfu tidak bisa di beli dengan sejumlah uang. Kungfu tidak bisa hanya di omongan mulut atau diskusi di media saja. Kungfu harus di latih, di pelajari dan diteliti dengan giat dan penuh ketekunan.
Maka akan ada hasil yang diperoleh dalam kurun waktu tertentu. Dan sering hasil yang diperoleh lebih daripada yang diharapkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar