Rabu, 18 Desember 2013

Konsep Internal Wingchun kungfu IKS Pro Patria :
"Bo Lay Tao, Dao Fu San, Tiet Kiu Sao" ( kepala kaca, tubuh tahu, jembatan besi).

By Ong Wen Ming

Dengan kepala yang mudah pecah seperti kaca dan tubuh yang lunak dan mudah hancur seperti tahu, praktisi Internal Wingchun Kungfu melatih tekhnik dengan konsep lembut melawan kasar. Serangan kuat dari lawan dihadapi dengan tekhnik lembut. Praktisi Internal Wingchun Kungfu tidak mau menerima serangan lawan secara langsung maka setiap serangan yang masuk selalu dibelokan dan di netralisir.

"Jembatan Besi" berarti menggunakan struktur dan mekanika tubuh yang benar untuk menghadapi serangan lawan dan posisi lengan tangan harus efektif melindungi tubuh dan kepala.

Praktisi Internal Wingchun Kungfu mengalahkan lawan dengan kematangan tekhnik bukan dengan kekuatan otot kasar. Internal Wingchun Kungfu adalah kungfu yang didesain untuk beladiri praktis di jalanan. Jadi kekerasan tubuh dan kepala tidak selalu efektif sebab di pertarungan nyata di jalanan, orang berkelahi dengan menggunakan segala macam cara dan senjata. Kulit, otot dan tulang akan kalah menghadapi benda yang lebih kuat dan tajam. Kesaktian dan ilmu kebal tidak selamanya berhasil digunakan. Banyak bagian tubuh manusia yang lemah dan tidak bisa setiap saat di lindungi oleh kesaktian dan ilmu kebal tsb.

Internal Wingchun Kungfu adalah kungfu yang cerdas dan logis. Dengan konsep diatas, praktisi Internal Wingchun kungfu dianjurkan untuk mematangkan tekhnik tekhnik agar supaya dapat mencegah terjadinya cedera tubuh yang diakibatkan oleh kekonyolan dan kelengahan. Segala bentuk takhayul dan kepercayaan omong kosong harus dihilangkan karena hanya membuat kita lengah, sombong dan dosa. Orang yang mempunyai ilmu kebal atau merasa kebal biasanya malas berlatih tekhnik. Dalam pertarungan jarang melakukan tekhnik beladiri yang baik karena dengan ilmu kebalnya sudah cukup melindungi tubuhnya. Hal ini mungkin saja berhasil dan bekerja sesuai diharapkan, tetapi tidak bisa selalu diandalkan. Yang jelas bukan tujuan dan maksud praktisi Internal Wingchun Kungfu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar