Rabu, 09 Oktober 2013

Langkah (cantonese : bo fat / mandarin : bu fa).

By Ong Wen Ming

Langkah adalah salah satu kunci kesuksesan seorang petarung dalam melakukan suatu serangan atau pertahanan. Tanpa tekhnik langkah yang baik, pukulan dan tendangan yang keras pun menjadi tidak berarti bahkan kecepatan suatu serangan menjadi jauh berkurang. Dengan tekhnik langkah yang baik, tekhnik pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, kuncian,bantingan dan lainnya akan menjadi lebih efektif.

Ada beberapa langkah dasar yang dipergunakan di system internal wingchun kungfu. Tekhnik langkah ini akan digabung nantinya menurut situasi dan kondisi di setiap pertarungan sehingga membentuk variasi dan strategy baru. Salah satu tekhnik langkah dasar yang penting di system Internal Wingchun adalah "BIK MA" atau langkah maju dengan tenaga menekan secara konstan. "Bik Ma" dilakukan dengan posisi satu kaki didepan dan berat badan di kaki belakang dengan ke dua lutut tertekuk dan panggul diturunkan seperti orang duduk diatas kursi. Kaki depan ringan dan melangkah maju kedepan dengan menjejakan kaki belakang ke bumi. Dengan meminjam tenaga pantul dari kaki belakang tersebut, kaki depan melesat maju kedepan dan diikuti oleh kaki belakang. Selama proses berlangsung berat badan tetap di kaki belakang.

Untuk mempelajari secara benar dan detil tekhnik Bik Ma dan tekhnik di system Internal Wingchun Kungfu diperlukan petunjuk dan koreksi langsung dari guru dari perguruan IKS Pro Patria Bali.
2Unlike ·  · 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar