Senin, 05 Agustus 2013

INTERNAL WING CHUN SYSTEM

Perhatian: Tulisan artikel ini dari sudut pandang subyektif saya saja. Tidak bermaksud memojokan atau menyindir orang, perguruan atau aliran lain. Juga tidak menjelekan pihak lain, apalagi yang sudah jelek.

Peringatan: Meng copy paste atau share artikel tanpa permisi bisa mengakibatkan gangguan mental dan gangguan kesehatan. Artikel ini sudah saya kasih mantra kutukan.

Banyak yang bertanya apakah Internal Wingchun System? Apa bedanya dengan Ipman Wingchun? Internal Wingchun system adalah seni beladiri yang berdasarkan konsep wingchun dan prinsip kungfu internal. Kungfu internal hanyalah pemberian nama untuk membedakan dengan yang lain atau dengan tanda kutip "eksternal" . Istilah internal dan eksternal ini pada akhirnya tidak penting lagi karena mempunyai hasil tujuan yang sama. Tetapi pada awalnya berbeda.

Yang membedakan adalah cara berlatih dan pengolahan tenaganya. Di system eksternal pada awalnya melatih untuk meningkatkan kekuatan tenaga otot, stamina dan kecepatan. Sedangkan di system internal melatih dengan merubah sumber kekuatan tubuh secara eksternal dengan mengintegrasikan struktur tubuh secara total. Postur tubuh, tulang kerangka, urat, dan otot harus selaras. Bekerja sama secara selaras untuk menghasilkan kekuatan tubuh keseluruhan secara optimal dan seimbang. Secara internal Pikiran, niat atau kehendak di latih untuk memandu QI mengalir dan mensupport tubuh dan menghasilkan JIN atau Refined Strenght.

Internal Wingchun system juga berarti di system ini lebih menekankan di pemahaman dan penguasaan prinsip dan konsep wingchun. Jurus atau tekhnik hanyalah manifestasi dari prinsip dan konsep dasar tersebut. Setiap murid dan praktisi wingchun di system ini nantinya akan menginteprestasikan wingchun sedikit atau banyak berbeda satu sama lainnya. Di setiap masa periode latihan akan terus menerus berubah dan tidak ada standarisasi. Wingchun ini akan menyatu ke setiap praktisi dan menjadi milik interen masing masing praktisinya. Praktisi satu dengan yang lainnya akan nampak berbeda dan terus berubah.

Konsep Internal Wingchun di bentuk dan di bangun di Perguruan IKS Pro Patria berdasarkan system yg sudah di ajarkan oleh shifu Li Guang Hwa dan system kungfu internal dari guru guru saya yang lain seperti shifu Zhang Jirong dan Shikung Malcolm Sue. Ini adalah system yang berdiri sendiri dan tidak berhubungan dengan Ipman Wingchun. Lineage Internal Wingchun dari saya sebagai pendiri dan provokator yang suka meracuni pikiran murid murid. Menyesatkan murid ke jalan yang benar di jalan seni beladiri.

Ong Wen Ming

Tidak ada komentar :

Posting Komentar